Rabu, 26 Maret 2014

Metode Penelitian Psikologi Perkembangan

A.      Metode Umum
Metode yang lebih umum mengandung dua pengertian, yaitu : memberikan lebih banyak data mengenai keseluruhan perkembangan atau beberapa aspeknya, dan meninjau pengaruh faktor endogen (bawaan) atau eksogen (lingkungan, khususnya kebudayaan) bagi perkembangan seseorang. Metode umum ini terdapat 4 metode, yaitu :


1.       Metode Cross-sectional/Metode Transversal
                adalah suatu pendekatan yang dipergunakan untuk melakukan penelitian beberapa kelompok anak dalam jangka waktu yang relatif singkat.
2.       Metode Longitudinal
                adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki anak dalam jangka waktu yang lama.
dengan pendekatan ini biasanya diteliti beberapa aspek tingkah laku pada satu atau dua orang yang sama dalam waktu beberapa tahun. Dengan begitu akan memperoleh gambaran aspek perkembangan secara menyeluruh.
3.       Metode Sekuensial
                merupakan kombinasi dari metode cross-sectiional/tranversal dan metode longitudinal.
Dalam banyak hal, pendekatan ini mulai dgn studi cross-sectional yang mencakup individu dari usia yang berbeda. Berbulan2 atau betahun2 setelah pengukuran awal, individu yang sama diuji lagi (ini merupakan aspek longitudinal dari rancangan). Pd waktu selanjutnya, sekelompok subjek baru diukur pada masing-masing tingkat usia. Kelompok baru pada masing2 tingkat ditambahkan pada waktu berikutnya utk mengontrol perubahan yang (gugur) dari studi, pengujian ulang mungkin telah meningkat kinerja mereka.
4.       Metode Cross-Cultural/Pendekatan Lintas Budaya
                adalah suatu pendekatan dalam penelitian yang mempertimbangkan faktor2 lingkungan atau kebudayaan yang berpengaruh terhadap perkembangan anak.
Pendekatan ini banyak digunakan untuk mengetahui perbedaan2 atau persamaan2 perkembangan anak pada beberapa latar belakang kebudayaan yang berbeda2. Hal ini adalah karena dengan pendekatan ini dapat diperoleh pengertian yang lebih mendalam tentang proses perkembangan sesorang. Melalui pendekatan ini bisa dijelaskan hipotesa2 yg ada melalui faktor2 yang diperoleh.

B.      Metode Spesifik
Metode spesifik adalah cara-cara khusus yang digunakan untuk mengetahui gejala perkembangan yang sedang timbul. Di antara metode yang spesifik yang digunakan dalam psikologi perkembangan adalah :
               
a.       Metode Observasi
                adalah suatu cara yg digunakan utk mengamati semua tingkah laku yg terlihat pada suatu jangka waktu tertentu atau pada suatu tahapan perkembangan tertentu.
                Atau bisa dikatakan juga bahwa metode observasi adalah kegiatan mengenali tingkah laku individu yg biasanya akan diakhiri dgn mencatat hal2 yg dipandang penting sbg penunjang informasi mengenai klien.
Metode observasi ini dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1. Observasi Alami (Natural Observation)
pencatatan data mengenai tingkah laku yg terjadi sehari-hari secara alamiah/wajar.
2. Observasi Terkontrol (Controlled Observation)
dilakukan bilamana lingkungan tempat anak berada diubah sedemikian rupa sesuai dengan tujuan peneliti, sehingga bermacam-macam reaksi atau tingkah laku anak diharapkan akan timbul.
b.      Metode Eksperimen
                adalah metode penelitian dalam psikologi perkembangan dengan melakukan kegiatan-kegiatan percobaan pada anak.
                Pengunaan eksperimen trhdp anak2 hanya terbatas pada penyelidikan yg dpt diamati dgn alat indera krn gejala2 jiwa yg bersifat ruhaniah masih sangat samar-samar.
c.       Metode Klinis
                adalah suatu metode penelitian yg khusus ditujukan utk anak2, dgn cara mengamati, mengajak bercakap-cakap dan tanya jawab. Penggunaan metode klinis merupakan penggabungan eksperimen dan observasi. Pelaksanaannya dilakukan dgn cara mengamati atas pertimbangan bahwa anak itu belum mampu mengungkapkan isi pikiran dan perasaan dgn bahasa yang lancar.
d.      Metode Test
                adalah metode yg digunakan utk mengadakan pengukuran tertentu terhadap objeknya. Test merupakan instrument penting dalam psikologi, yg digunakan untuk mengukur segala jenis kemampuan, minat, sikap, dan hasil kerja. Dalam hal ini, para peneliti biasanya menggunakan tes-tes psikologi yg sudah distandardisasi.
e.      Metode Pengumpulan Data
                Metode pengumpulan data diantaranya yaitu :
                1. Metode Angket
                2. Metode Biografis
                3. Metode Buku Harian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar