Senin, 16 April 2012

Bernyanyi dan Tepuk tangan membuat Pramuka Cerdas


“Kegiatan pramuka tidak menarik, cuma nyanyi-nyanyi dan tepuk tangan” mungkin ungkapan tersebut sering kita  dengar dari beberapa orang sebagai alasan kurang menariknya kegiatan pramuka. Memang pendapat tersebut tidak bisa disalahkan, karena jika sudah menyangkut pada kesenangan atau minat seseorang, masing-masing akan memiliki pandangan yang berbeda. Namun, tahukah kita bahwa dibalik kegiatan bernyanyi dan bertepuk tangan yang biasa dilakukan oleh pramuka memiliki pengaruh terhadap kecerdasan otak?

Pendapat tersebut dikemukakan oleh Dr. Sulkin, seorang peneliti dari Ben-Gurion University of Negev yang melakukan penelitian pada tahun 2010 tentang asosiasi antara lagu yang dinyanyikan dengan bertepuk tangan dan tingkat kecerdasan anak.  Dr. Sulkin terlibat secara langsung dalam penelitian yang dilakukan selama 10 minggu untuk memberikan pelatihan tentang bernyanyi sambil tepuk tangan. Hasil penelitian yang dilakukan pada anak-anak kelas satu, dua dan tiga sekolah dasar menunjukkan bahwa anak-anak yang menyanyikan lagu sambil bertepuk tangan menunjukkan kemampuan kecerdasan yang lebih dibandingkan dengan anak yang tidak berpartisipasi atau hanya diam tanpa mengikuti kegiatan bernyanyi dan bertepuk tangan.
Bahkan, hasil penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa disamping terhadap kecerdasan otak ada manfaat lain dan sangat luar biasa yang bisa didapat dari kegiatan bernyanyi dan bertepuk tangan tersebut. Tepuk tangan dapat melatih perkembangan motorik pada tangan anak, sehingga dengan perkembangan motorik yang baik akan mempermudah anak untuk belajar menulis, melukis, menganyam atau bahkan akan mempermudah kegiatan seperti mengikat tali sepatu. Penelitian ini juga mengungkapkan aspek afeksi dari kegiatan bernyanyi dan bertepuk tangan. Kegiatan bernyanyi dan bertepuk tangan yang dilakukan secara bersama-sama seperti yang biasa dilakukan dalam latihan pramuka, akan meningkatkan integritas sosial anak dengan teman-teman sebayanya yang akan memudahkan mereka untuk bergaul dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.
Jadi jika dilihat lebih mendalam, kegiatan bernyanyi dan bertepuk tangan bukan hanya kegiatan biasa. Akan tetapi kegiatan bernyanyi dan bertepuk tangan merupakan kegiatan yang dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan kognitif, emosional, sosiologis serta fisiologis yang nantinya sangat penting pengaruhnya terhadap perkembangan anak ke tahap berikutnya. Jadi sudah tepat rasanya jika beberapa kegiatan pramuka terdapat kegiatan bernyanyi dan bertepuk tangan. Ingin berkembang secara sehat? Mari bernyanyi sambil bertepuk tangan ala pramuka…

1 komentar: