Definisi Psikologi dan Psikologi Perkembangan
Psikologi merupakan alih kata Bahasa Inggris “psychology”
dan kata ini berasal dari bahasa Yunani yaitu “psycho” dan ”logos”. Adapun
“psycho” berarti jiwa, sedangkan “logos” berarti pengetahuan atau ilmu jadi
secara etimologis, psikologi dapat di artikan sebagai pengetahuan tentang jiwa
atau ilmu jiwa.
Jiwa adalah kekuatan dalam diri yang menjadi penggerak bagi
jasad dan tingkah laku manusia. Jadi, psikologi dapat di definisikan secara
singkat sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan
hubungan-hubungan antar manusia.
Psikologi Perkembangan merupakan cabang dari psikologi
yang mempelajari proses perkembangan individu, baik sebelum maupun setelah
kelahiran berikut kematangan prilaku. (J.P. Chaplin)
Psikologi Perkembangan merupakan cabang psikologi yang
mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan
individu dari mulai masa konsepsi sampai mati. Ross Vasta, dkk.)
Psikologi Perkembangan adalah psikologi yang mempelajari
proses perkembangan individu, sebelum dan setelah kelahiran, berikut kematangan
perilaku. Selain itu, psikologi perkembangan mempelajari perubahan perilaku dan
kemampuan-kemampuan yang muncul sepanjang terjadinya perkembangan, baik di
lihat dari fisikalitas fungsionalnya maupun kepribadiannya. Psikologi
perkembangan dapat dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari perkembangan manusia
dan hewan sejak prenatal, usia balita, masa anak-anak, remaja, pemuda, dewasa,
masa tua, sampai meninggal dunia.
Hakikat pertumbuhan & perkembangan
Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai
hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal
pada anak yang sehat pada waktu yang normal.
Hasil pertumbuhan antara lain bertambahnya ukuran kuantitatif
badan anak, seperti berat, panjang, dan kekuatannya. Begitu pula pertumbuhan akan
mencakup perubahan yang semakin sempurna pada sistem jaringan saraf dan
perubahan-perubahan struktur jasmani lainnya.
Perkembangan merupakan suatu deretan perubahan-perubahan
yang tersusun dan berarti, yg berlangsung pada individu dalam jangka waktu tertentu. Lebih
menujuk pada kemajuan mental/perkembangan rohani yg melaju terus sampai akhir
hayat. Merupakan proses yang sifatnya menyeluruh/holistic mencakup proses
biologis, kognitif, dan psikososial.
Tujuan psikologi perkembangan (Hurlock)
1.
Menemukan
perubahan-perubahan apakah yang terjadi pada usia yang umum dan khas dalam
penampilan, perilaku, minat, dan tujuan dari masing-masing periode
perkembangan.
2.
Menemukan kapan
perubahan-perubahan itu terjadi.
3.
Menemukan sebab-sebabnya.
4.
Menemukan bagaimana
perubahan itu mempengaruhi perilaku.
5.
Menemukan dapat atau
tidaknya perubahan-perubahan itu diramalkan.
6.
Menemukan apakah perubahan
itu bersifat individual atau universal.
Manfaat Psikologi Perkembangan
1. Pengetahuan tentang
perkembangan dapat memberikan harapan yang realistis terhadap anak dan remaja.
Misalnya psikologi perkembangan memeberi tahukan kepada kita kapan biasanya
anak mulai berbicara dan kapan anak sekolah mulai mampu berfikir abstrak.
2. Pengetahuan tentang
perkembangan dapat membantu kita dalam memberikan respons yang tepat terhadap
perilaku anak.
3. Pengetahuan tetang
perkembangan dapat membantu kita mengenal kapan perkembangan normal yang
sesungguhnya dimulai.
4. Studi perkembangan dapat
membantu kita memahami diri kita sendiri.
5. Psikologi perkembangan akan
memberikan wawasan dan pemahaman sejarah hidup kita sendiri.
Peran kematangan dan belajar dalam perkembangan
Tiga fakta penting hubungan kematangan dan belajar
sebagai penyebab perkembangan;
1. karena manusia mampu
belajar maka terjadi perbedaan, baik sikap, kepribadian, pola-pola perilaku.
2. kematangan memberikan
batasan dimana perkembangan tidak dapat memperoleh kemajuan sekalipun dengan
metode belajar yang paling disukai dan motivasi yang kuat dari pihak yang
belajar, kegagalan dapat terjadi karena kesulitan potensi-potensi genetis yang
berkembang.
3. Ada “jadwal” yang pasti
untuk belajar. Individu tidak dapat belajar sampai dirinya siap. “Kesiapan
perkembangan” atau kesiapan untuk belajar, menentukan saat kapan belajar itu
dapat dan harus dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar