A. Metode Umum
Metode yang lebih umum
mengandung dua pengertian, yaitu : memberikan lebih banyak data mengenai
keseluruhan perkembangan atau beberapa aspeknya, dan meninjau pengaruh faktor
endogen (bawaan) atau eksogen (lingkungan, khususnya kebudayaan) bagi
perkembangan seseorang. Metode umum ini terdapat 4 metode, yaitu :
1. Metode Cross-sectional/Metode Transversal
adalah suatu pendekatan yang dipergunakan untuk
melakukan penelitian beberapa kelompok anak dalam jangka waktu yang relatif
singkat.
2. Metode Longitudinal
adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan
dengan cara menyelidiki anak dalam jangka waktu yang lama.
dengan pendekatan ini
biasanya diteliti beberapa aspek tingkah laku pada satu atau dua orang yang
sama dalam waktu beberapa tahun. Dengan begitu akan memperoleh gambaran aspek
perkembangan secara menyeluruh.
3. Metode Sekuensial
merupakan kombinasi dari metode
cross-sectiional/tranversal dan metode longitudinal.
Dalam banyak hal, pendekatan ini
mulai dgn studi cross-sectional yang mencakup individu dari usia yang berbeda.
Berbulan2 atau betahun2 setelah pengukuran awal, individu yang sama diuji lagi
(ini merupakan aspek longitudinal dari rancangan). Pd waktu selanjutnya,
sekelompok subjek baru diukur pada masing-masing tingkat usia. Kelompok baru pada
masing2 tingkat ditambahkan pada waktu berikutnya utk mengontrol perubahan yang
(gugur) dari studi, pengujian ulang mungkin telah meningkat kinerja mereka.
4. Metode Cross-Cultural/Pendekatan Lintas Budaya
adalah suatu pendekatan dalam penelitian yang
mempertimbangkan faktor2 lingkungan atau kebudayaan yang berpengaruh terhadap
perkembangan anak.
Pendekatan ini banyak
digunakan untuk mengetahui perbedaan2 atau persamaan2 perkembangan anak pada beberapa
latar belakang kebudayaan yang berbeda2. Hal ini adalah karena dengan
pendekatan ini dapat diperoleh pengertian yang lebih mendalam tentang proses
perkembangan sesorang. Melalui pendekatan ini bisa dijelaskan hipotesa2 yg ada
melalui faktor2 yang diperoleh.
B. Metode Spesifik
Metode spesifik adalah
cara-cara khusus yang digunakan untuk mengetahui gejala perkembangan yang
sedang timbul. Di antara metode yang spesifik yang digunakan dalam psikologi
perkembangan adalah :
a. Metode Observasi
adalah suatu cara yg digunakan utk mengamati semua
tingkah laku yg terlihat pada suatu jangka waktu tertentu atau pada suatu
tahapan perkembangan tertentu.
Atau bisa dikatakan juga bahwa metode observasi
adalah kegiatan mengenali tingkah laku individu yg biasanya akan diakhiri dgn
mencatat hal2 yg dipandang penting sbg penunjang informasi mengenai klien.
Metode observasi ini dapat
dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1.
Observasi Alami (Natural Observation)
pencatatan
data mengenai tingkah laku yg terjadi sehari-hari secara alamiah/wajar.
2.
Observasi Terkontrol (Controlled Observation)
dilakukan
bilamana lingkungan tempat anak berada diubah sedemikian rupa sesuai dengan
tujuan peneliti, sehingga bermacam-macam reaksi atau tingkah laku anak
diharapkan akan timbul.
b. Metode Eksperimen
adalah metode penelitian dalam psikologi perkembangan
dengan melakukan kegiatan-kegiatan percobaan pada anak.
Pengunaan eksperimen trhdp anak2 hanya terbatas pada
penyelidikan yg dpt diamati dgn alat indera krn gejala2 jiwa yg bersifat
ruhaniah masih sangat samar-samar.
c. Metode Klinis
adalah suatu metode penelitian yg khusus ditujukan
utk anak2, dgn cara mengamati, mengajak bercakap-cakap dan tanya jawab.
Penggunaan metode klinis merupakan penggabungan eksperimen dan observasi.
Pelaksanaannya dilakukan dgn cara mengamati atas pertimbangan bahwa anak itu
belum mampu mengungkapkan isi pikiran dan perasaan dgn bahasa yang lancar.
d. Metode Test
adalah metode yg digunakan utk mengadakan pengukuran
tertentu terhadap objeknya. Test merupakan instrument penting dalam psikologi,
yg digunakan untuk mengukur segala jenis kemampuan, minat, sikap, dan hasil
kerja. Dalam hal ini, para peneliti biasanya menggunakan tes-tes psikologi yg
sudah distandardisasi.
e. Metode Pengumpulan Data
Metode
pengumpulan data diantaranya yaitu :
1.
Metode Angket
2.
Metode Biografis
3.
Metode Buku Harian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar