Faktor-faktor selanjutnya yang menjadi
landasan psikologis dibutuhkannya pelayanan bimbingan konseling diantaranya
adalah :
5.
Masalah
Belajar
Dalam kegiatan
belajar dapat timbul berbagai masalah baik bagi pelajar maupun bagi pengajar.
Bagi pelajar permasalahan tersebut dapat berupa pengaturan waktu belajar,
memilih cara belajar, dsb. Sedangkan bagi pengajar permasalahan tersebut dapat
berupa bagaimana menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif, membuat
perencanaan pembelajaran dll. Keberhasilan belajar bagi siswa itu sendiri dipengaruhi
oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal.
a.
Faktor Internal
Faktor Internal yang mengakibatkan kesulian
belajar adalah sebagai berikut :
(1)
Ketidakseimbangan mental atau gangguan fungsi
mental (2)
Gangguan fisik (3)
Gangguan Emosi
b.
Faktor Eksternal
Faktor Eksternal ini meliputi aspek-aspek
sosial dan nonsosial. Yang dimaksud dengan faktor sosial adalah manusia, baik
yang hadir secara langsung (bertatap muka dan berkomunikasi) maupun
kehadirannya secara tidak langsung (berupa foto, suara dalam TV, radio dsb).
Sedangkan faktor nonsosial adalah waktu (pagi, siang, malam) suasana lingkungan
(sepi, bising atau ramai) dll.
6.
Kecerdasan
Majemuk (Multiple Intelligence)
Howard Gardner sebagai
pelopor kecerdasan majemuk menyatakan bahwa ada delapan jenis kecerdasan yang
dimiliki setiap individu yaitu linguistik, matematis-logis, spasial,
kinestetik-jasmani, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis.
Namun,
Rata-rata sekolah masih menerapkan sistem pendidikan yg mengukur tingkat
kecerdasan anak didik semata-mata hanya menekankan kemampuan logika dan bahasa.
Padahal, Kecerdasan intelektual tidak hanya mencakup dua parameter tersebut.
Perlu
kita pahami ciri-ciri kecerdasan yang dimaksud tersebut, yaitu
1.
Kecerdasan Linguistik, umumnya memiliki
ciri antara lain (a) suka menulis kreatif, (b) suka mengarang kisah khayal atau
menceritakan lelucon, (c) sangat hafal nama, tempat, tanggal atau hal-hal
kecil, (d) membaca di waktu senggang, (e) mengeja kata dengan tepat dan mudah,
(f) suka mengisi teka-teki silang, (f) menikmati dengan cara mendengarkan, (g)
unggul dalam mata pelajaran bahasa (membaca, menulis dan berkomunikasi).
2.
Kecerdasan Matematika-Logis, cirinya antara
lain: (a) menghitung problem aritmatika dengan cepat di luar kepala, (b) suka
mengajukan pertanyaan yang sifatnya analisis, misalnya mengapa hujan turun?,
(c) ahli dalam permainan catur, halma dsb, (d) mampu menjelaskan masalah secara
logis, (d) suka merancang eksperimen untuk membuktikan sesuatu, (e)
menghabiskan waktu dengan permainan logika seperti teka-teki, berprestasi dalam
Matematika dan IPA.
3.
Kecerdasan Spasial dicirikan antara lain:
(a) memberikan gambaran visual yang jelas ketika menjelaskan sesuatu, (b) mudah
membaca peta atau diagram, (c) menggambar sosok orang atau benda persis
aslinya, (d) senang melihat film, slide, foto, atau karya seni lainnya, (e)
sangat menikmati kegiatan visual, seperti teka-teki atau sejenisnya, (f) suka
melamun dan berfantasi, (g) mencoret-coret di atas kertas atau buku tugas
sekolah, (h) lebih memahamai informasi lewat gambar daripada kata-kata atau
uraian, (i) menonjol dalam mata pelajaran seni.
4.
Kecerdasan Kinestetik-Jasmani, memiliki
ciri: (a) banyak bergerak ketika duduk atau mendengarkan sesuatu, (b) aktif
dalam kegiatan fisik seperti berenang, bersepeda, hiking atau skateboard, (c)
perlu menyentuh sesuatu yang sedang dipelajarinya, (d) menikmati kegiatan
melompat, lari, gulat atau kegiatan fisik lainnya, (e) memperlihatkan
keterampilan dalam bidang kerajinan tangan seperti mengukir, menjahit, memahat,
(f) pandai menirukan gerakan, kebiasaan atau prilaku orang lain, (g) bereaksi
secara fisik terhadap jawaban masalah yang dihadapinya, (h) suka membongkar
berbagai benda kemudian menyusunnya lagi, (i) berprestasi dalam mata pelajaran
olahraga dan yang bersifat kompetitif.
5.
Kecerdasan Musikal memiliki ciri antara
lain: (a) suka memainkan alat musik di rumah atau di sekolah, (b) mudah
mengingat melodi suatu lagu, (c) lebih bisa belajar dengan iringan musik, (d)
bernyanyi atau bersenandung untuk diri sendiri atau orang lain, (e) mudah
mengikuti irama musik, (f) mempunyai suara bagus untuk bernyanyi, (g)
berprestasi bagus dalam mata pelajaran musik.
6.
Kecerdasan Interpersonal memiliki ciri
antara lain: (a) mempunyai banyak teman, (b) suka bersosialisasi di sekolah
atau di lingkungan tempat tinggalnya, (c) banyak terlibat dalam kegiatan
kelompok di luar jam sekolah, (d) berperan sebagai penengah ketika terjadi
konflik antartemannya, (e) berempati besar terhadap perasaan atau penderitaan
orang lain, (f) sangat menikmati pekerjaan mengajari orang lain, (g) berbakat
menjadi pemimpin dan berperestasi dalam mata pelajaran ilmu sosial.
7.
Kecerdasan Intrapersonal memiliki ciri
antara lain: (a) memperlihatkan sikap independen dan kemauan kuat, (b) bekerja
atau belajar dengan baik seorang diri, (c) memiliki rasa percaya diri yang
tinggi, (d) banyak belajar dari kesalahan masa lalu, (e) berpikir fokus dan
terarah pada pencapaian tujuan, (f) banyak terlibat dalam hobi atau proyek yang
dikerjakan sendiri.
8.
Kecerdasan Naturalis, memiliki ciri antara
lain: (a) suka dan akrab pada berbagai hewan peliharaan, (b) sangat menikmati
berjalan-jalan di alam terbuka, (c) suka berkebun atau dekat dengan taman dan
memelihara binatang, (d) menghabiskan waktu di dekat akuarium atau sistem
kehidupan alam, (e) suka membawa pulang serangga, daun bunga atau benda alam
lainnya, (f) berprestasi dalam mata pelajaran IPA, Biologi, dan lingkungan
hidup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar